Alasan memilih produk bajakan di banding yang asli (untung dan rugi)Indonesia bisa dikatakan salah satu negara yang paling banyak produk bajakan dan begitu pula peminatnya. Di pasar,toko,kota,maupun ,di desa pastinya banyak dan gampang sekali kita temui yang menjual produk bajakan seperti Vcd ,Dvd ,pakaian , sepatu , dan lain lain. Namun disini saya akan contohkan salah satunya adalah vcd yang gampang sekali kita lihat di berbagai tempat.  yah gak usah jauh jauh lah cek saja dirumah rumah apakah lebih banyak kepingan asli apa bajakan silahkan cari jawabannya.

Image source : ajagijigproduction.blogspot.com
Sementara di pasaran bisa anda lihat apakah yang dijual vcd asli lebih banyak dari vcd bajakan berdasarkan penelusuran saya di lapangan jawabannya adalah vcd bajakan lebih banyak di jual di bandingkan yang asli. Produk bajakan akan lebih mudah ditemukan di pasaran di toko dan sebagainya. Dan inilah keuntungan dan kerugian memilih produk bajakan.



Keuntungan :

Lebih murah.
Anda kalau di tanya soal murah tentunya maukan dan seandainya di minta memilih Murah apa Mahal pasti jawabannya adalah Murah. Disini vcd lebih murah dibandingkan yang asli harganya lebih miring alias ekonomis banget. Harga rata rata untuk Vcd movie atau lagu biasanya di bandrol antara Rp 3500 sampai 5000 tergantung pintar pintar anda tawar menawar. Di banding dengan harga yang asli antara Rp 10.000 sampai Rp25.000 tergantung dengan isinya. Maka dari itu keuntungan dari harga murah adalah kantong kita akan terkuras lebih sedikit, dan apa bila di belikan dengan yang lainnya akan mendapat lebih banyak.

Kualitas tak jauh beda.
Untuk kualitas baik dari suara maupun gambarnya vcd bajakan ini tidak jauh beda dengan yang aslinya. tergantung pada vcd yang kita pilih kalau anda kebetulan mendapat kepingan hasil kopi dari yang asli tentunya akan sama dengan yang aslinya. Namun yang membedakan disini adalah kualitas kepingannya. biasanya lebih mudah dan cepat rusak dibanding yang asli. Keuntunganya sama sama bisa menikmati nya dengan perbedaan yang tidak jauh.

Lebih mudah di cari.
Selagi anda akan mencari sebuah lagu atau film tertentu antara yang bajakan dan yang asli sudah tentu pasti lebih mudah dengan yang bajakan. Karena bajakan lebih banyak di jajakan disana ini salah satu keuntungannya dari mencari yang asli dengan yang bajakan akan lebih mudah. Namun jangan lupa juga memperhatikan poin diatas. Pilih tampilan dan suara yang baik juga tentunya.

Isi lebih lengkap dan menarik.
Isi yang ada dalam vcd bajakan biasanya lebih bervariasi serta lebih banyak dari pada vcd yang aslinya. Kalau yang asli biasanya hanya berisi satu kategori artis tertentu saja. Keuntungannya akan lebih mudah mencari apa yang anda cari yang lebih anda suka.

Kerugian :

Ganpang rusak.
Biasanya kepingan vcd  atau Dvd bajakan ini akan lebih mudah rusak dibanding yang asli. Ini yang menjadi kerugian kita dalam membeli produk bajakan ini.Karena kepingan yang di gunakan adalan kepingan murah mungkin hanya kisaran harga dibawah Rp 1000. Kadang kadang hanya dalam beberapa putaran kepingan akan gampang tergores, kusam sehingga tampilan ataupun suara akan mengalami perbedaan.Tak seperti dengan kepingan yang aski akan lebih tahan tentunya.

Melanggar hukum.
Negara juga memberikan pelanggaran bagi pembajak maupun penggunanya karena ini adalah masalah hukum maka kita warga indonesia harus wajib mentaatinya bukan melanggarnya bukan. Jangan sampai kita melanggar hukum karena hal yang sepele ini (saran).

Menurunkan kualitas para seniman.
Mereka para seniman sudah berusaha keras dalam menekuni bidangnya ini adalah hal yang patut ditiru dan harus dilestarikan. Dengan membeli produk bajakan sudah tentu mencerminkan hal yang tidak mendukung akan kemajuan para seniman ini. Jangan sampai mereka tidak melanjukan karyanya karena kebiasaan kita yang gemar membeli Vcd atau Dvd bajakan.

Kebiasaan buruk.
Ini juga menjadikan kebiasaan buruk bagi anda karena anda akan ketagihan bila sesekali menikmatinya. Kebiasaan buruk ini yang saya maksudkan adalah sebagai dukungan pada poin diatas.jangan sampai ini terjadi cobalah berfikir secara profesional dan melihat dari sisi baik dan buruk serta efeknya.

Saran
Marilah kita membangun kebiasaan yang baik dengan mendukung para seniman, mentaati peraturan hukum dan sisi baik lainnya. Jangan sampai kita menjadi konsumen yang tak baik bagi para mereka yang membuat ataupun yang mengedarkan produk bajakan lainya. Jadikan negara ini lebih maju dan berkualitas dengan rakyat rakyatnya damai dan sejahtera.


By bhasyr

Post a Comment Blogger

  1. kalau saya sih selalu milih yang asli bos...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya lebih milih yang bajakan, karena memang di tempat saya nggak ada yang asli hahahahaha

      Delete
  2. kalau saya memilih produk bajakan karena lebih murah mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. takut kantong kering ya atau pasti suka download juga ya....

      Delete
  3. (f) biyar berimbang hrus lebih diperhatikan ya..!

    ReplyDelete
  4. Yang mbajak
    pasti tak cukup akhlak
    yang beli mau enak
    tapi menyesal setelah rusak

    :)

    ReplyDelete
  5. barang bajakan memang lebih murah daripada yang asli, tapi yang pasti membeli barang bajakan..sama dengan membeli barang curian....,
    keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  6. Yang asli memang lebih mantap... tapi soal software dan sistem operasi di laptop, saya masih pakai bajakan :d

    ReplyDelete
  7. jujur saja kalau di desa lebih enak beli bajakan mas.. bukan karena nggak mampu atau nggak mau. tapi memang nggak ada yang jual cd yang asli hehehehhe

    ReplyDelete
  8. Kalo barang bajakan cuma beli dvd doank. Heheh.. Soalnya dvd asli suka lama keluar. Tapi kalo barang laen ngga ada sih KW-KWan gitu :p

    ReplyDelete
  9. Saya sih tergantung kantongnya dan tergantung kebutuhannya.

    Kalau yang asli kan biasanya satu film kalau yang bajakan dicampur jadi menghemat sebetulnya.

    Tapi kualitas memang yang asli yang menjamin.

    Oya promo domain murah itu ada di namecheap atau lihat tabel yang sudah buatkan. Silahkan dilihat kembali. Dan komentarnya diulang makasih

    ReplyDelete
  10. kalau saya sebenarnya lebih milih yang asli sob, tapi kerena sesuatu hal jadi ya pakai yang bajakan deh hehehehehe

    ReplyDelete
  11. selama ini pake bajakan trus sih, mo beli ori gak ada dana..

    kadang juga kasihan ama pembuatnya sih. ckckck

    ReplyDelete
  12. Yang asli susah di cari terpaksa bli bajakan..

    ReplyDelete
  13. Yang asli susah di cari terpaksa bli bajakan..

    ReplyDelete

 
Top