Ayam ini dikenalsebagai ayam eksotik ,awalnya diduga berasal dari daratan Cina dan banyak di jumpai di daerah kalimantan Timur tepatnya di daerah Tarakan dan ayam ini agak mirip dengan petelur ras cokelat. Ayam ini termasuk tipe Dwiguna (petelur dan pedaging).

Mengenal ciri-ciri ayam nunukan
Image by : pesonaayam.blogspot.com

Ciri ciri dari ayam nunukan adalah:
  1. DOC sampai umur 5 minggu , ayam ini tidak mempunyai bulu,hanya mempunyai bulu halus sepeti kapas.
  2. Mempuyai tubuh Yang montok dengan berat badan kira kira 20-30 % lebih berat dari ayam buras , yaitu jantan mencapai 3,5-4,5 kg dan betina hanya 1,5-2 kg.
  3. Produksi telur paling banyak 40 butir /periode atau mencapai 182 butir per tahun, dan mulai produksi umur 153 hari, puncak produksi 62 % ,berat telur rata rata 55-60 gr, warna kulit telur cokelat muda.Konsumsi pakan ayam betina dewasa 85 gram /ekor/hari.
  4. Ayam nunukan mempunyai 3 generasi yaitu Generasi pertama, kedua, dan ketiga.Generasi ketiga atau yang terakhir mempunyai penampilan fisik setelah berumur 6 bulan dengan ciri ciri:
    • warna bulu merah kekuningan pada yang jantan , dan betina berwarna merah muda.
    • Baik jantan dan betina mempunyai bulu hitam pada sayap dan ekornya serta bulu spiral, pada yang jantan mempunyai bulu luncur dan betina mempunyai bulu ekor yang penuh.
  5. Jengger pada jantan besar, tipis ,bergerigi,berwarnamerah. untuk betina mempunyai jengger tunggal ,bilah,tipis,lemas,dan berwarna merah.
  6. Pial dan kuping jantan berukuran sedang berwarna merah, sedangkan betina mempunyai pial dan kuping yang kecil dan berwarna merah.
Beberapa ciri ciri dari ayam nunukan ini untuk anda yang belum jelas dan mungkin ada yang salah tentang penjelasan kami silahkan di komentari dengan senang hati saya menerima masukan yang akan membangun blog ini.

Bhasyr

Post a Comment Blogger

  1. wah kok saya malah baru dengar ya mas kalau ada jenis ayam namanya nunukan hehehe... sekilas mirip ayam petelor atau ayam ras ya mas....?

    ReplyDelete
  2. Kayak ayam bangkok ya, kalau di adu mungkin bagus tuh :D

    ReplyDelete
  3. ini ayam dari bodinya mah gagah sekali mas...keren, saya jadi suka juga padahal ndak begitu suka pelihara ayam :)

    ReplyDelete
  4. bisa untuk bisnis nih ayam, soalnya telur banyak.

    ReplyDelete
  5. iya nih, saya juga baru pertama kali dengar jenis ayam ini

    ReplyDelete
  6. sesuatu hal yang baru nih buat saya, ternyata ada jenis ayam nunukan juga yaa mas. thanks mas buat informasinya :))

    ReplyDelete
  7. baru tau ada ayam nunukan.. kira-kira jinak apa engga ya? hehe :p

    ReplyDelete
  8. Ayamnya bantet ya Bang, keknya di film sun go kong ada siluman ayam, ayamnya persis kek gini. Hihihi.. :p

    ReplyDelete

 
Top