Mengenal burung Decu
Mengenal burung DecuBurung decu merupakan salah satu burung kicauan,suaranya indah dan merdu yang sanggup menirukan suara burung lainnya yang akan menambah variasi lagu dan nada. Burung decu mempunyai warna hitam dan putih,namun demikian sanggup menarik para penggemarnya yang tidak sedikit sebagai hewan peliharaannya.

Nama burung decu setiap daerah mempunyai nama yang berbeda beda,untuk daerah jawa barat lebih dikenal dengan nama kukica batu dan untuk daerah jawa timur burung disebut burung gecu.Walaupun burung tersebut mempunyai nama yang berbeda beda tetapi kalangan penggemarnya lebih di kenal dengan nama burung decu.

Decu merupakan burung kicauan yang digemari para penghobis karena mudah dibentuk dan bervariasi suaranya.Decu dalam arena mempunyai gaya tersendiri untuk mengalahkan lawan lawannya.Lebih menarik bila saat lomba,burung decu mengeluarkan suara kicauan sambil membungkukkan badan terhentak hentak kebawah.

Dengan keindahan suara serta menirukan lagu yang bervariasi, maka mulai bermunculan para penggemar untuk menangkarnya. Para peggemar decu menangkarkan burungnya dengan tujuan suara tertentu,yaitu untuk mendapatkan balan decu yang mempunyai suara yang indah,gaya berkicau,dan mental bertanding yang prima. Dengan merawat serta memelihara decu dari kecil ,maka penghohobi akan mengetahui sifat,tingkah laku,suara,dan gaya yang baik.

Cara Membedakan decu jantan dan betina

berikut ini ada kriteria burung decu jantan yang baik.
a.Bentuk badan
Bentuk badan decu yang baik adalah yang memiliki bentuk tubuh tegap,panjang atletis akan menandakan bakalan tersebut mempunyai suara yang melengkung dan indah gaya yang bagus.

b.Paruh tebal
paruh decu yang baik mempunyai bentuk atas tebal dan agak melengkung. Paruh tebal dan bengkok menandakan burung tersebut kuat dan memiliki sifat bertarung yang kuat.

c.Mata tajam
Sorot mata decu yang tajam mempunyai arti tersendiri yaitu decu tersebut sehat dan cerdas dalam merekam atau menirukan vokal vokal lain.sifat inilah yang harus dimiliki burung decu.

d.Bulu hitam pekat
Burung decu jantan sekaligus memiliki warna hitam pekat yang indh juga memiliki ke istimewaan lain, yaitu memiliki pengaruh cahaya yang akan menurunkan mental lawan.

Beberapa pengenalan tentang burung decu mungkin anda lebih tau?

Post a Comment Blogger

  1. baru tau saya ada jenis burung seperti ini

    ReplyDelete
  2. Wah saya baru jika ada burung Decu

    ReplyDelete
  3. Kebetulan saya hobi kicaumania mas.
    Burung decu ini jika ditempat saya nama nya burung kacer bayam,karena fisik nya mirip burung kacer,cuma beda nya jika decu postur nya agak kecil dr kacer.
    makasih informasi nya mas,salam kenal.

    ReplyDelete
  4. nama burung ini disetiap daerah beda beda ya

    ReplyDelete

 
Top