Ayam pelung merupakan salah satu ayam yang berasal dari indonesia bisa tepatnya di daerah cianjur propinsi jawa barat,akan tetapi sekarang sudah menyebar keseluruh indonesia.Bila dilihat dari potensi nya ayam pelung ini mempunyai atau memberikan keuntungan tersendiri bila kita lakukan secara intensif,karena mempunyai nilai jual yang sangat tinggi. Beberapa manfaat pemeliharaan ayam pelung ini bisa kita lihat dari banyaknya peminat peng hobi dan peternak ayam pelung yang sukses membudidayakannya.Ternak unggas sebangsa ayam ini merupakan salah satu alternatif murah sumber protein seperti daging dan telur ayam.sehingga berternak ayam di daerah yang daya belinya cukup rendah sangat tepat untuk memenuhi kebutuhan protein hewani.untuk itu kita dapat malnutrisi atau kurang gizi,busung lapar di indonesia dapat di atasi dan di cegah.

Mengenal manfaat ayam pelung

 Images source : kaskus.co.id

Dalam kegiatan beternak ayam pelung ada beberapa aspek yang harus di perhatikan seperti lokasi kandang,kandang,dan peralatan kandang,pakan bibit cara pemeliharaan serta penanganan kesehatan.Adapun beberapa manfaat dari ayam pelung ini adalah:
1.Hobby
para pecinta ayam ini sangat menyukai ke unikan nya dari suaranya yang merdu,panjang,dan corak warnanya yang menarik sehingga untuk yang melihat dan mendengarkannya sangat tertarik dan mengurangi stres.

2.Pendapatan bertambah.
Bukan hanya untuk hobby saja ayam pelung ini juga bisa menambah pendapatan keluarga karena daya jualnya yang cukup tinggi.

3.Dapat memanfaatkan pekarangan.
Sebagian besar pekarangan kita tidak digunakan untuk apa apa atau nganggur nah disini kita dapat memanfaakannya untuk lebih produktif.

4.Menghasilkan pupuk
Nah ini juga bisa kita gunakan untuk tanaman tanaman kita,hasil sampingan juga bisa kita dapat kan dari kotoran ayam biasanya digunakan untuk pupuk organik.

5.Dapat mempertanankan flasma-nuftah ayam.
Sebagai orang indonesia kita harus mempertahankan keaslian asal usul dari ayam ini, itu sangat kita harapkan dan perlu kita lestarikan.

itulah beberapa pengertian dari ayam pelung ini yang menjadi sarana hobby dan peluang penghasilan kita. Tidak ada yang tidak bisa kita manfaatkan di dunia ini,tergantung pada kitanya sendiri.Apa usul anda?

Bhasyr

Post a Comment Blogger

  1. ane baru tau nih ayam namnya ayam pelung tk kira ayam biasa yg sering kluyuran

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakak akang ni ngucu aja tergantung daerahnya mas kadang nama itu berbeda beda..

      Delete
  2. denger2 sih emang mahal nih ayam klo dijual... waktu itu ane sempet mlihara tapi syang g berlangsung lama :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. memelihara ayam emang resiko dengan penyakit mending kalo udah ada penyakit yang menyerang di jual aja jadi bisnis lag gt..

      Delete
  3. wah ini bisa dijadikan lahan bisnis baru nih,saya pernah lihat liputanya di TV memang benar ayam yang satu ini harganya bisa empat kalilipat dari ayam biasa,,,,terimakaish gan untuk infonya...

    ReplyDelete

 
Top